Jumat, 14 Oktober 2016



LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
“TROUBLESHOUTING SISTEM UDARA MASUK DAN GAS BUANG PLTD LABUHAN”




 












Disusun Oleh :
RIZKAN OKASI
13.30.05.0009-02


PROGRAM STUDI DIII TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SAMAWA
SUMBAWA BESAR
2016




KATA PENGANTAR
           
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penyusun mampu menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini.
Laporan Praktek Kerja Lapangan ini berjudul Troubleshouting Sistem udara masuk dan gas buang Mesin Allen PLTD Labuhan Sumbawa. Praktek Kerja Lapangan ini telah penyusun laksanakan dengan baik di PT PLN (Persero) Wilayah NTB Area Sumbawa PLTD Labuhan, yang berlokasi di jalan Garuda Labuhan-Sumbawa Besar.
            Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Agustus s/d tanggal 15 Oktober 2016  merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa, dimana dalam kegiatan tersebut mahasiswa dituntut untuk lebih peka dalam mengamati segala sesuatu yang ada di lapangan dan kemudian dapat menarik suatu kesimpulan dan solusi sebagai hasil dari analisa dengan teori-teori yang telah dipelajari dibangku perkuliahan.
            Pada kesempatan ini tidak lupa penyusun ucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga dapat terselesainya laporan ini. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini penyusun ucapkan terimah kasih yang tak terhingga kepada :
1.      Rektor Universitas Samawa Sumbawa Besar
2.      Dekan Fakultas Teknik
3.      Ketua Program Studi Teknik Mesin
4.      Dosen Pembimbing praktek kerja lapangan
5.      Manager PLTD Labuhan
6.      Supervisor pemeliharaan
7.      Pembimbing lapangan kerja
8.      Semua staf Pemeliharaan PLTD Labuhan yang telah membantu serta memberikan pengarahan.
9.      Semua pihak yang telah membantu baik secara moril maupun materil

Akhir kata penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, meningat terbatasnya pengetahuan dan pengalaman serta waktu yang tersedia. Untuk itu penulis membutuhkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga dengan selesainya laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumabawa,                 2016



Penyusun
                           








Daftar isi

Judul Laporan Praktek Kerja Lapangan                                                                   hlm
Lembar Pengesahan................................................................................................... i
Lembar Asistensi........................................................................................................ ii
Surat Puas.................................................................................................................. iii
Kata Pengantar........................................................................................................... iv
Daftar isi.................................................................................................................... vi
Daftar gambar............................................................................................................ viii
Daftar Tabel............................................................................................................... ix
Daftar Lampiran......................................................................................................... x
Abstrak ...................................................................................................................... xi
BAB I  PENDAHULUAN...................................................................................... 1
1.1      Latar Belakang.............................................................................................. 1
1.2      Tujuan ........................................................................................................... 2
1.2.1 Tujuan Umum....................................................................................... 2
1.2.2 Tujuan Khusus...................................................................................... 2
1.3      Manfaat Praktek Kerja Lapangan.................................................................. 3
1.4      Batasan Masalah............................................................................................ 3
1.5      Metode Penulisan.......................................................................................... 3
BAB II  DASAR TEORI ........................................................................................ 5
2.1  Kegiatan Umum............................................................................................. 5
2.2  Visi, Misi dan Motto...................................................................................... 6
2.3 Sejarah Ringkas PLTD Labuhan Sumbawa.................................................... 6
2.4  Kegiatan usaha............................................................................................... 12
2.5  Lay out PLTD Labuhan Sumbawa................................................................. 13
2.6  Struktur Organisasi......................................................................................... 15
2.7  Uraian JOB Struktur Organisasi..................................................................... 16
BAB III PEMBAHASAN....................................................................................... 17
3.1     Udara masuk dan gas buang.......................................................................... 17
3.1.1   filter ……………………………………………………………..……17
3.1.2    Turbocharger……………………………………………………...…..17
3.1.3    Intake manifold ………………………………………………………17
3.1.4    Exhaust manifold……………………………………………………..18
3.1.5    Silencer, Silinder dan cerobong………………………………………18
3.2     Landasan teori................................................................................................ 18
3.2.1 Fungsi system udara masuk dan gas buang.......................................... 18
3.2.2 Perinsip kerja mesin PLTD.................................................................... 19
3.2.3 Langkah isap......................................................................................... 20
3.2.4 Langkah kompresi................................................................................. 20
3.2.5 Langkah usaha...................................................................................... 21
3.2.6 Langkah buang...................................................................................... 21
3.3     Troubleshouting Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang Allen PLTD Labuhan         24
BAB IV PENUTUP................................................................................................. 34
4.1 Kesimpulan...................................................................................................... 34
4.2 Saran................................................................................................................ 34
Daftar Pustaka........................................................................................................... 35
Lampiran.................................................................................................................... 36









Daftar Gambar

Gambar 2.1 Mesin SWD DRO 218 K....................................................................... 6
Gambar 2.2 Mesin Dhaihatsu..................................................................................... 7
Gambar 2.3 Mesin Deutz........................................................................................... 8
Gambar 2.4 Mesin Niigata ........................................................................................ 9
Gambar 2.5 Mesin Allen............................................................................................ 10
Gambar 2.6 Lay out PLTD Labuhan Sumbawa........................................................ 11
Gambar 2.7 Struktur organisasi PLTD Labuhan ....................................................... 15







Daftar Tabel

Tabel 2.1 Tentang kegiatan usaha.............................................................................. 11

















Daftar Lampiran

Lampiran 1. Laporan kegiatan harian praktek kerja lapangan.................................... 42
Lampiran 2. Gambar kegiatan selama PKL............................................................... 45
Lampiran 3. Absensi ................................................................................................. 49
            



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Listrik sebagai suatu kebutuhan manusia yang vital harus mampu terpenuhi dengan baik. Berbagai cara telah dilakukan oleh manusia sebagai usaha untuk mempermudah dalam penyediaan  energi listrik tersebut, salah satunya yaitu dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).
Tenaga listrik melibatkan produksi dan pendistribusian energi listrik dalam jumlah berkecukupan untuk menjalankan peralatan listrik rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri, dan menyediakan energi yang cukup untuk penerangan umum, pemanasan, memasak, dll.
Di wilayah Nusa Tenggara Barat terdapat 3 unit Area dan 1 sektor yaitu: Area Mataram, Area Sumbawa, Area Bima, dan sektor Lombok. Dimana di Area Sumbawa ini terdapat 4 (empat) pembangkit tenga diesel yang masing-masing berlokasi di Taliwang, Alas, Labuhan Sumbawa, dan Empang.
Dari keempat pembangkit tersebut, PLTD Labuhan Sumbawa yang terbesar dimana pada pembangkit listrik di Labuhan Sumbawa ini terdapat 8 mesin diesel yang dioperasikan untuk melayani 6 penyulang diantaranya penyulang Badas, penyulang Moyo, penyulang Kota, penyulang Lenangguar, penyulang Nijang, penyulang Utan.
Pengadaan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat memantapkan dan memperkenalkan serta mendapatkan pengalaman bagi mahasiswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya sehingga menjadi tenaga handal, professional, kreatif, inovatif yang nantinya didunia kerja berdasarkan pengalaman yang didapat.
1.2  Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan dari pelaksanaan praktek kerja lapangan ini adalah sebagai berikut :

1.2.1 Tujuan Umum
Adapun tujuan umum dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui “ Troubleshouting  Pada Sistem Bahan Bakar Niigata 8 L 40 CX” yang ada pada suatu Pembangkit Listrik di PLTD Labuhan Sumbawa.
2.      Mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan dengan praktek kerja yang sebenarnya dilapangan.
3.      Menambah keterampilan serta metode baru dalam bekerja yang mana belum pernah didapat dibangku perkuliahan.
4.      Menjadikan mahasiswa yang handal, professional dan kreatif sebagai sarana pengembangan potensi mahasiswa.
5.      Mahasiswa siap memasuki dunia kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkungan dibidang keahlian masing-masing.
6.      Meningkatkan kerja sama dengan dilandasi jiwa kekeluargaan dan kemitraan.
1.2.2 Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui Troubleshouting Pada Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang  Niigata 8 L 40 CX.
2.      Merupakan salah satu persyaratan akademik yang harus ditempuh mahasiswa guna menyelesaikan program pendidikan Diploma III pada program studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Samawa Sumbawa Besar.
3.      Sebagai dasar dalam pengambilan materi atau bahan guna menyusun Tugas Akhir nantinya.

1.3  Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat yang diperoleh dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah melatih kerja dan daya berfikir serta nalar yang lebih obyektif terhadap hal-hal yang ditemui langsung dilapangan, dan juga berfungsi untuk mengetahui suasana yang sebenarnya dilapangan, dan juga untuk mengembangkan teori-teori yang didapat dibangku perkuliahan.
Dengan demikian terjadi keseimbangan antara teori dan praktek dilapangan, dimana semua itu dapat dijadikan sebagai bekal bagi mahasiswa khususnya penulis dimasa yang akan datang untuk menghadapi dunia kerja.
1.4  Batasan Masalah
Dalam penulisan laporan ini, penulis lebih menitik beratkan pada Troubleshouting pada Sistem Bahan Bakar Niigata 8 L 40 CX.

1.5  Metode Penulisan
Dalam penulisan laporan ini, penulis menggunakan metode observasi dimana penulis secara langsung terlibat (ikut mengamati) dalam menangani suatu permasalahan, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya tanya jawab antara penulis dengan staf perusahaan untuk membandingkan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan dengan yang ada dilapangan. Disamping itu juga penulis memakai studi literatur untuk mendapatkan teori, data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan ini.















BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Kegiatan Umum
PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Induk yang membawahi 3 Kantor Area (Area Mataram, Area Sumbawa dan Area Bima) dan 1 sektor (sektor Lombok).
PT PLN (Persero) Area Sumbawa (selanjutnya disebut PLN Area) beralamat  di Jln. Setia Budi No.18 Sumbawa Besar. PLN Area membawai 3 Rayon ( Rayon Taliwang, Rayon Alas, dan Rayon Empang) dan 1 PLTD, yaitu PLTD Labuhan. PT PLN (Persero) wilayah NTB Area Sumbawa PLTD Labuhan merupakan PLTD terbesar dan pemasok utama tenaga listrik diunit bisnis PLN Area. Dengan menjalankan proses bisnisnya PLTD Labuhan memiliki sasaran mutu sebagai berikut yaitu:
SFC (Specific Fuel Comsumption)          : 0,260 ltr/KWh
SLC ( Specific Lub Oil Consumption)    : 3,80 cc/ KWh
OAF ( Operating Avalaible Factor)         : 80%
Tegangan                                                  : 19 Kv s/d 21 Kv
Frekuensi                                                  :50 Hz
Berikut adalah data singkat PLTD Labuhan :
Nama                    : PT PLN (Persero) Wilayah NTB Area Subawa PLTD Labuhan
Alamat kantor      : Jln. Garuda Labuhan- Sumbawa Besar
Di bangun                        : Tahun 1977
Daya terpasang    : 13.428 KW
Daya mampu        : 7900 KW
Jumlah pegawai    : 40 orang
2.2 Visi, Misi dan Motto
PLTD Labuhan mempunyai Visi, Misi dan Motto sebagai berikut :
Visi :
Ø  Menjadi Unit Pembangkit Kelas Dunia Yang Efisien, Aman, Handal dan Akrab Lingkungan
Misi :
Ø  Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia setara kelas dunia.
Ø  Melaksanakan pemeliharaan unit pembangkit SPD sesuai SOP yang berlaku.
Ø  Memantau dan mengepaluasi serta terus menerus dampak pemeliharaan tenaga listrik
Ø  Mewujudkan Zero Accident (kecelakaan Nihil)
Ø  Mendapat pendapatan dan citra perusahaan
Motto :
“Komitmen, Peduli, dan Kebersamaan”
2.3 Sejarah Ringkas PLTD Labuhan Sumbawa
PLTD Labuhan Sumbawa dibangun pada tanggal 1977 diatas tanah seluas 1,2 hektar dijalan Garuda Labuan Sumbawa. Pada saat berdiri mempunyai satu gedung sentral anak kantor dan rumah dinas kepala PLTD. Pada saat itu mesin yang dimiliki baru 2 (Dua) unit pembangkit SPD (Satuan Pembangkit Diesel) yaitu SWD DRO 218 K (536 KW) dan SWD DRO 216 (336 KW).
Gambar 2.1. Mesin SWD DRO 218 K
Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga listrik, maka pada tahun 1980 dilakukan penambahan 2 unit pembangkit Ruston 6AP 2 C (346 KW).  (tidak beroperasi)
Pada tahun 1985 dilakukan lagi penambahan satu unit pembangkit yaitu : Daihatsu 6 PS HTC 26 DM, (520 KW).
Gambar 2.2. Mesin Daihatsu
Selanjutnya pada tahun 1986 di bangun sentral baru untuk penambahan mesin  Deutz BV 8M (2 x 1224 KW).
Gambar 2.3. mesin Deutz
Karena  kebutuhan masyarakat akan tenaga litrik terus meningkat, maka pada tahun 1987 dilakukan peluasan gedung sentral baru untuk penambahan mesin yaitu Nigata 8 L 40 CX (3000 KW)
Gambar 2.4 Mesin Niigata
Pada tahun 1992 mesin SWD DRO 216 dipindahkan ke Empang, tahun 1998 mesin Ruston 1 unit relokasi ke PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Area Ende Ranting Bajawa. Pada tahun 1996 mesin Caterpillar (508 KW) berlokasi dari timor-timor ke PLTD Labuhan.
Pada tahun 2000 gedung sentral baru diperluas kembali untuk menambah 2 unit pembangkit ALLEN 3016 (3035 KW), jadi jumlah unit pembangkit yang dikelola oleh PLTD Labuhan Area Sumbawa sampai saat ini berjumlah 6 unit (1 unit overhaul dan 1 unit tidak beroperasi) dengan daya terpasang 13.428 KW dan daya mampu 7900 KW.
Gambar 2.5. Mesin Allen
2.4. Kegiatan usaha
PLTD Labuhan sebagai pemasok tenaga listrik terbesar di unit usaha PLN Area. Yaitu sekitar 70% dengan bisnis utamanya sebagai pembangkit tenaga listrik yang di salurkan melalui jaringan distribusikan 20 KV. PLTD Labuahan memasok tenaga listrik untuk Daerah Sumbawa Besar, Alas, Taliwang dan Empang.


Data SPD (Satuan Pembangkit Diesel) yang terdapat di PT PLTD Labuhan dapat di lihat pada tabel berikut :
NO. Unit
Merek mesin
Daya Terpasang (KW)
Daya Mampu (KW)
1
SWD DRO 218 K
536
300
2
DAIHATSU 6 PS HTC 26 DN
520
400
3
DEUTZ BV 8 M 628
1224
950
4
DEUTZ BV 8 M 628
1224
Gangguan
5
NIGATA 8L 40 CX
3000
Gangguan
6
ALLEN 3016
3035
Overhaull
7
ALLEN 3016
3035
2500
Tabel 2.1 Tentang Kegiatan Usaha













2.5. Lay Out PLTD Labuhan Sumbawa
Gambar 2.6. Lay Out PLTD Labuhan Sumbawa
KETERANGAN GAMBAR :
a.       GEDUNG SENTRAL A
1.      Tiga unit Caterpillar (SEWATAMA)
2.      Mesin SWD DRO 218 K
3.      Mesin Daihatsu 6 PSHTC

b.      GEDUNG SENTRAL B
1.      Mesin Deutz BV 8M 628
2.      Mesin Deutz BV 8 M 628 (tidak beroperasi)
3.      Mesin Nigata 8L 40 CX
4.      Mesin Allen 3016
5.      Mesin Allen 3016
c.       GEDUNG SENTRAL MESIN SEWA

PERALATAN DAN INFRASTRUKTUR DI LUAR GEDUNG SENTRAL :
1.      Trafo step down (EB)
2.      Tafo step up 0,4/20
3.      Gudang Tol.
4.      Tanki oli penambah.
5.      Tanki harian mesin Ruston 6 AP 2 C.
6.      Silender mesin Ruton 6 AP 2  C.
7.      Radiator mesin Ruston 6 AP C
8.      Radiator mesin  SWD DRO 218 K.
9.      Radiator mesin Daihatsu 6 PSHTC
10.  Silencer mesin Daihatsu 6 PSHTC
11.  Incinerator.
12.  Trafo step up 6,3 / 20 sentral A.
13.  Trafo step up cadangan.
14.  Trafo step up 6,3 / 20 Deutz 1 mesin Niigata.
15.  Trafo step up 6,3 / 20 Deutz 2 trafo step down (EB) Deutz Trafo step down (EB) Niigata.
16.  Trafo step up 6,3 / 20 Niigata.
17.  NGR tower air Trafo step down (EB) A1.
18.  Tanki water softener.
19.  Trafo step down (EB) A2.
20.  Tanki waater sofwater mesin.
21.  Trafo step up 6,3 / 20 Allen 1 Niigata.
22.  .Trafo step up 6,3 / 20 Allen 2 A3.
23.  Bak air.
24.  Silencer mesin deutz 1 A4.
25.  Tanki  Raw water mesin Allen.
26.  Silencer mesin deutz 2 3016
27.  Silencer mesin Niigata
28.  Silencer mesin Allen 1
29.  Silencer mesin Allen 2
30.  Tangki oli kotor (limbah)
31.  Radiator mesin Allen 1
32.  Radiator mesin Allen 2
33.  Bak pemisah
34.  Tang + pompa pemadam
35.  Radiator oli mesin Niigata
36.  Radiator JWC & CACW
37.  Radiator mesin Deutz 2
38.  Radiator mesin Deutz 1
39.  Tangki oli kotor
40.  Tempat drum
41.  Incinerator
42.  Tangki limbah T1
43.  Tanki timbun BBM 500 ton G2
44.  Gudang perbengkelan anex T2
45.  Tanki timbun BBM 300 ton kantor T3
46.  Tanki timbun BBM 100 ton S1
47.  Trafo step up 6,3/ 20 mesin T4
48.  Tanki timbun BBM 100 ton sewa T5
49.  Tanki timbun BBM 100 ton S2
50.  Tanki harian mesin harian
51.  Kantor PLTD Labuhan sewa
52.  Ruang Manajer PLTD Labuhan S3
53.  Tanki harian mesin harian
54.  Gudang PLTD Labuhan sewa
55.  Tempat Parkir motor
56.  WC
57.  Bak penuangan
58.  Ruang pompa BBM
59.  Bengkel
60.  Gudang bengkel
61.  Kantor CBD
62.  Pos satpam
63.  Tempat parker motor
64.  Mushola
65.  Wc

















2.6 One line Diagram Sistem Pusat Listrik PLTD Labuhan Sumbawa
2.7 Struktur Organisasi.











 



















2.8 Uraian JOB Struktur Organisasi
a.       Manajer PLTD Labuhan
1.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan pengoperasian mesin pembangkit.
2.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan pemeliharaan rutin dan periodik mesin pembangkit.
3.      Bertanggung jawab atas keandalan, efisiensi serta kontinyuitas penyaluran tenaga listrik.
4.      Melakukan analisa dan perbaikan atas masalah –masalah yang timbul pada unit PLTD Labuhan.
5.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan program-program perbaikan yang berkesenambungan di unit PLTD Labuhan.
6.      Bertanggung jawab atas semua pelaporan pembangkitan .
7.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan keselamatan  ketenagalistrikan di lingkungan PLTD Labuhan.
8.      Bertanggung jawab untuk membuat program pelatihan bagi pegawai PLTD Labuhan.
b.      Supervisor Operasi PLTD Labuhan
1.      Pelaksanaan pengoperasian satuan pembangkit diesel.
2.      Pelaksanaan pengoperasian penyaluran tenaga diesel.
3.      Menjaga mutu dan keandalan tenaga listrik yang disalurkan.
4.      Mengambil langkah proventif terhadap gangguan satuan pembangkit diesel.
5.      Pelaksanaan keselamatan ketenagalistrikan (K2)
6.      Pembuatan laporan sesuai dengan kegiatannya.
c.       Supervisor Pemeliharaan PLTD Labuhan
1.      Pelaksanaan pemeliharaan satuan pembangkit diesel di PLTD Labuhan.
2.      Mengatasi gangguan pada satuan pembangkit diesel.
3.      Pelaksanaan pengendalian biaya pemeliharaan satuan pembangkit diesel.
4.      Pembuatan laporan sesuai dengan kegiatannya.
d.      Administrasi PLTD Labuhan Sumbawa
1.      Pelaksanaan administrasi PLTD.
2.      Pelaksanaan kegiatan rumah tangga PLTD.
3.      Bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan memantau kegiatan pelatihan pendidikan dan kompetensi SDM.
4.      Bertanggung jawab dalam proses pengadaan barang dan jasa.
5.      Pelaksanaan pengendalian material pembangkit


















BAB III
PEMBAHASAN
3.1   UDARA MASUK DAN GAS BUANG
            Sistem udara masuk dan buang terdiri dari filter udara masuk (air intake filter), turbocharger, intercooler, saluran udara masuk air intake manifold, katup isap dan katup buang (intake valve and exhaust valve), exhaust manifold, dan silincer atau knalpot. Fungsi dari filter udara masuk adalah menghalangi kotoran berupa debu dan partikel padat lainnya masuk ke sistem udara masuk dan buang. Turbocharger adalah suatu komponen tambahan yang digunakan pada mesin-mesin diesel. Komponen ini sangat membantu  meningkatkan performa dari mesin diesel. Terdiri dari dua sisi yaitu sisi blower (sisi isap) dan sisi turbin (sisi buang). Prinsip kerja dari turbocharger adalah pemanfaatan gas buang hasil pembakaran yang masih mempunyai sisa energi digunakan untuk tenaga pada sisi blower melalui turbin. Udara yang dihasilkan oleh blower mempunyai tekan yang tinggi sehingga sangat meningkatkan daya yang dihasilkan oleh mesin diesel itu sendiri. Intercooler berfungsi sebagai pemampat udara yand ditekan oleh blower sehingga lebih besar densitinya melalui proses pendinginan.
3.1.1 Filter Udara
                Air filter atau filter udara berfungsi untuk membantu mencegah masuknya udara kotor kedalam ruang bahan bakar. Secara umum filter tersebut sangat membantu untuk menjaga ruang bahan bakar tetap bersih dan menyebabkan pembakaran yang sempurna sehingga mampu mempertahankan peforma mesin secara maksimal.
3.1.2 Turbocharger
                turbocharger berfungsi untuk mengkonversikan energi energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold.
3.1.3 Intake manifold
                Intake manifold adalah bagian dari mesin yang diperlukan dalam bahan bakar dan udara. Bagian ini kemudian mendistribusikan bahan bakar dan udara campuran merata ke pelabuhan silinder mesin.
3.1.4 Exhaust manifold
                Exhaust manifold berfungsi menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas tersebut ke pipa buang. Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder,saluran manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas pada silinder.
3.1.5 Silencer, Silinder dan cerobong
Silencer berfungsi Untuk meredam suara gas buang yang keluar dari ruang bakar sehingga mesin tidak bising.

3.2   LANDASAN TEORI
3.2.1 Fungsi Sistem udara masuk dan gas buang
            Sistem udara masuk dan gas buang merupakan saluran yang mengarahkan aliran udara masuk kedalam masing-masing silinder dan sisa hasil pembakaran dari masing-masing silinder agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, dimana udara tersebut diambil langsung dari udara atmosfir. Sistem udara masuk ini berfungsi menyediakan udara bersih yang cukup untuk proses pembakaran bahan bakar dalam silinder. Pada PLTD Sentawar, baik pada mesin MAN maupun DEUTZ, system udara masuknya menggunakan system turbocharger yang terdiri dari Turbin, Blower dan Intercooler.
- Filter Udara
- Blower
- Turbin
- Intercooler
- Exhaust Manipold

            Sistem turbocharger  memanfaatkan gas buang yang keluar dari silinder untuk memutar turbin yang dikopel langsung dengan poros blower. Selanjutnya blower tersebut menghisap udara masuk kesilinder.
Dengan temperature udara yang tinggi yang keluar dari Blower, maka udara tersebut perlu didinginkan. Udara tersebut didinginkan dengan menggunakan Intercooler sebelum masuk ke silinder lalu masuk kedalam radiator untuk didinginkan kembali. Kemudian udara dari intercooler masuk ke intake manifold, selanjutnya udara tersebut masuk keruang bakar untuk selanjutnya dikompresi. Pada akhir kompresi bahan bakar diinjeksikan kedalam silinder sehingga terjadi proses pembakaran antara bahan bakar dan udara. Gas hasil pembakaran dimanfaatkan untuk memutar turbin pada system turbocharger selanjutnya dibuang ke exhaust, silinder, cerebong terus keudara luar.
            Yang termonitor pada system udara masuk dan gas buang adalah :
a.       Temperature udara masuk
b.      Temperature gas buang

3.2.2   Perinsip kerja mesin PLTD
Mesin diesel 4 tak memiliki prinsip kerja untuk melakukan 1 kali proses, terjadi 4 langkah dan 2 putaran crank shaft (poros engkol). Lebih simplenya dalam hal efisiensi, mesin diesel 4 tak hanya membutuhkan 1 kali pembakaran untuk 2 kali putaran crank shaft, berbeda dengan mesin diesel 2 tak yang 1 kali pembakaran hanya menghasilkan 1 putaran crank shaft. Langkah-langkah kerja mesin 4 tak di jelaskan lebih rinci dengan di bawah ini.



3.2.3 Langkah Isap
Langkah Isap
Pada langkah ini yang terjadi adalah udara masuk ke dalam silinder,  katup isap membuka dan udara dari saluran udara masuk melalui katup isap, piston (torak) bergerak menuju TMB (titik mati bawah). Pada mesin diesel besar biasanya terdapat turbocharge yang berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk ke silinder agar daya yang di hasilkan mesin maksimal. Turbocharge adalah turbin yang digerakan oleh panas gas buang, turbin ini memutar blower bertekanan rendah untuk menghisap udara luar masuk ke dalam saluran udara dan masuk ke silinder-silinder. Turbocharge ini meningaktkan efisiensi kalor yang di gunakan dari hasil pembakaran.
3.2.4  Langkah Kompresi
Langkah Kompresi
Pada langkah ini, udara yang masuk  pada langkah isap di kompresi, piston bergerak dari TMB menuju TMA (titik mati atas), sehingga udara menagalami pemampatan atau terkompresi. Kedua katup tertutup, baik katup isap maupun katup buang.Udara yang terkompresi ini mengalami kenaikan suhu dan tekanan, karena molekul-molekul pada udara bergesekan pada saat di kompresi,sehingga terjadi kenaikan suhu. Pada mesin diesel, perbandingan kompresinya besar, karena perbandingan kompresi yang besar mengahasilkan panas yang lebih besar pula pada udara kompresi, panas ini lah yang dapat membakar bahan bakar, karena mesin diesel tidak memilik pematik api seperti halnya pada mesin yang menggunakan bahan bakar bensin.



3.2.5 Langkah Usaha
Langkah Usaha
Pada langkah ini yang terjadi adalah pembakaran pada ruang bakar.Keadaan katup baik isap maupun buang tertutup. Udara terkompresi yang memiliki suhu dan tekanan tinggi pada volume sisa hasil dari langkah kompresi akan disemprotkan bahan bakar oleh nozzle berupa partikel-partikel kecil, hal ini agar bahan bakar mudah di terbakar. Oleh karena itu bahan bakar dari pompa bahan bakar di alirkan menuju nozzle terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar, di dalam nozzle ini terjadi pemampatan bahan bakar kira-kira antara 350-380 bar, keluar dari nozzle bahan bakar berupa kabut atau partikel-partikel yang sangat kecil.Partikel-partikel kecil bahan bakar ini bercampur udara bersuhu tinggi sehingga terbakar.Terjadi perubahan suhu dan tekanan yang sangat tinggi sehingga menekan piston menuju TMB, langkah ini yang di namakan langkah usaha.

3.2.6 Langkah buang
Langkah Buang
Pada langkah ini yang terjadi adalah pembuangan udara gas sisa-sisa hasil pembakaran.Piston bergerak menuju ke TMA dan katup buang terbuka dan gas sisa-sisa hasil pembakarankeluar melalui katup yang katup buang.Pada langkah ini juga terjadi overlapping, yaitu keadaan katup isap yang mulai membuka sebelum katup buang menutup sepenuhnya.  
Dalam pengoperasiannya, sebuah unit PLTD memiliki alat bantu yang masing-masingnya memiliki tugas dalam sebuah sistem. Sistem-sistem yang terdapat pada PLTD adalah sistem pendinginan (cooling), sistem pelumasan (lubricating), sistem bahan bakar (fuel)dan sistem-sistem lainnya. Fungsi dari sistem bahan bakar adalah sistem yang tugasnya mensuplai bahan bakar sampai masuk ke  dalam silinder, sistem pendinginan adalah menjaga keadaan mesin agar tidak overheating, dan sistem pelumasan berfungsi menjaga komponen-komponen mesin yang saling bergesekan dari keausan (sebagai film).


























Filter Udara
Air filter atau filter udara berfungsi untuk membantu mencegah masuknya udara kotor kedalam ruang bahan bakar.
Turbocharger
turbocharger berfungsi untuk mengkonversikan energi energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold.

 intake manifold
Intake manifold adalah bagian dari mesin yang diperlukan dalam bahan bakar dan udara. Bagian ini kemudian mendistribusikan bahan bakar dan udara campuran merata ke pelabuhan silinder mesin.

Exhaust manifold

Exhaust manifold berfungsi menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas tersebut ke pipa buang. Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder,saluran manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas pada silinder.

Expantion Joint (Peredam getar)

Expantion joint berfungsi untuk meredam getaran dari mesin kecerobong.

Silencer, Silinder dan cerobong
Silencer berfungsi Untuk meredam suara gas buang yang keluar dari ruang bakar sehingga mesin tidak bising.



3.3 Troubleshouting Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang Allen PLTD Labuhan
a. Troubleshooting Filter Udara
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Kotor
Udara luar kotor
Ganti baru


b. Troubleshoting pada Turbocharger
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Temperatur terlalu tinggi
Saat exhaust temperatur naik
Berlebihan, tenperatr turbo charge naik dan kompnn-komponennya akan ikut naik, pada saat itu turbin, impler dan bering akan contact dan mengalami kerusakan.
Ganti baru


c.  Troubleshoting pada intake manifold
Ganguan
Penyebab
Perbaikan
Asap hitam atau abu-abu
Intake manifold bocor atau tersunbat
Pembersihan intake manifold / ganti baru




d.  Troubleshoting pada Exhaust manifold
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Retak
Exhaust manifold bekerja di suhu tinggi


Ganti baru




e.  Troubleshoting pada Silencer, Silinder dan cerobong
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Korosi pada dinding cerobong
Karena adanya reaksi logam dengan zat-zat di sekitarnya misalnya udara dan air ehingga menimbulkan senyawa baru.
Pengecaan ulang pada bagian yang terkena korosi


f.  Troubleshoting pada Pipa
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Terkorosi
Karena adanya reaksi logam dengan zat-zat di sekitarnya misalnya udara dan air ehingga menimbulkan senyawa baru.
Pengecaan ulang pada bagian yang terkena korosi





g.  Troubleshoting pada kompresor whelle
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Penurunan diameter dari kompresor
Yang di karenakan menyentuh dinding partition wall sehinga mengakibatkan penurunan udara bilas yang dihasilkan turbocharge
-Pembersihan kompresor whlle
   Pembersihan dapat di lakukan dengan jalan menyemprotkan air melalui saluran khusus yang di lengkapi nozzle di ujungnya



h.  Troubleshoting pada turbine
Gangguan
Penyebab
Perbaikan
Unbalance
penumpukan deposid yang berlebihan dari gas buang pada part tersebut
-Pembersihan isi turbin










DIAGRAM SISTIM UDARA MASUK DAN GAS BUANG











3.3  Cara kerja Udara Masuk Dan Gas Buang
            Sistem udara masuk dan gas buang merupakan saluran yang mengarahkan aliran udara masuk kedalam masing-masing silinder dan sisa hasil pembakaran dari masing-masing silinder agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, dimana udara tersebut diambil langsung dari udara atmosfir. Sistem udara masuk ini berfungsi menyediakan udara bersih yang cukup untuk proses pembakaran bahan bakar dalam silinder. Pada PLTD Sentawar,  system udara masuknya menggunakan system turbocharger yang terdiri dari Turbin, Blower dan Intercooler.
1.      Turbocharger
Fungsi turbocharger adalah untuk memberikan tekanan udara masuk yang lebih tinggi sehingga tekanan kompresi naik, maka pembakaran dapat terjadi dengan sempurna dan daya mesin lebih besar (untuk ukuran mesin yang sama). Dalam Turbocharger terbagi dua yaitu Blower dan Turbin. Blower berfungsi untuk menghisap udara luar masuk kesilinder. Sedangkan turbin untuk memutar blower.
            Cara kerja turbocharger yaitu gas buang memutarkan turbin, keporos dengan blower, berputar memasukan udara baru.
Yang harus diperhatikan pada turbocharger :
-          Pelumasan turbocharger
-          Tingkat kebersihan turbin dan blower
-          Kelonggaran sudut dan rumah keong
-          Putaran poros turbocharger
-          Temperature gas buang
2. Filter Udara (air cooler)
Filter udara (air cooler) untuk membebaskan udara dari kotoran, debu, pasir, dan benda-benda lain yang merusak silinder.
Yang harus diperhatikan pada filter udara (air cooler) :
-          Tingkat kebersihan penyaring
-          Tingkat kerapatan bahan penyaring
-          Kelembaban udara disekitsr

3.      Pendingin Udara (inter cooler)
Pendingin Udara (intercooler) berfungsi untuk menbdinginkan udara yang masuk kedalam ruang bakar agar berat jenis udara tersebut akan bertambah. Cara kerja inter cooler yaitu udara dari blower bersinggungan dengan pipa air pendingin, sehingga panas dari udara terserap oleh air.
Yang harus diperhatikan pada inter cooler adalah :
-          Tingkat kebersihan saluran air pendingin
-          Tingkat kebersihan saluran udara
-          Kualitas air pendingin
-          Kebocoran pipa air pendingin
4.      Intake Manifold (saluran udara masuk)
Intake manifold sebagai tempat masuknya udara masuk sebelum kesilinder.
5.      Exhaust manifold (saluran gas buang)
Exhaust manipold sebagai tempat keluarnya gas buang setelah pembakaran.
6.      Expantion Joint (Peredam getar)
Expantion joint berfungsi untuk meredam getaran dari mesin kecerobong.

7.      Silencer, Silinder dan cerobong
Silencer berfungsi Untuk meredam suara gas buang yang keluar dari ruang bakar sehingga mesin tidak bising.


3.3.1  Prosedur Pengopersian dan Pemeliharaan Sistem Udara Masuk dan Gas
Buang
      A. Pemeliharaan Turbocharger
Adapun langkah-langkah kerja yang harus dilakukan dalam pemeliharaan dan Udara Masuk dan Gas Buang agar dapat maksimal yaitu :
1.      Persiapan
a.       Menyiapkan seluruh perlengkapan / alat
b.      Melepas filter udara beserta casing dan seluruh pipa-pipa air pendingin serta pipa-pipa oli                  masuk / keluar turbocharger
c.       Melepas baut penghubung turbocharger dengan exhaus manipold, intek manipold dan dudukan pada bodi mesin
d.      Mengangkat turbocharger dari mesin
2.      Memisahkan Casing Compresor dan Casing Turbin
a.       Melepas compresor casing dengan membuka baut memakai kunci 17 mm
b.      Membuka baut penahan compresor whell sambil menahan baut pada sisi turbin dengan kunci L 19 dan memasang pengail untuk memasang tali
c.       Mencabut seluruh komponen compresor dan turbin dari casing turbin
3.      Memisahkan turbin dengan compresor
a.       Melepas pengail dan memanasin blower compresor untuk memudahkan pencabutan
b.      Mencabut bearing casing componen dengan trek 2 kaki
4.      Membuka bearing turbocharger
a.       Melepas ring clip dengan tang pencabut dalam
b.      Mencabut bearing cover dengan kedua obeng min sambil diayun ayunkan
c.       Melepas baur penahan bearing pada sisi samping dengan kunci L
d.      Melepas satu persatu komponen hingga bearing turbocharger
5.      Pembersihan dan pengukuran
a.       Membersihkan seluruh komponen turbocharger
b.      Mengukur bearing trurbocharger, trust bearing turbocharger, dan ring piston turbocharger sesuai manual book.
6.      Pemasangan
a.       Memasang ring piston turbocharger pada as turbo
b.      Memasang main bearing, trust bearing dan komponen lainnya kecasing bearing dan dikunci
       dengan bautnya
c.       Memasang cover bearing dan dikunci dengan circlip
d.      Menyatukan as turbo dengan bearing casing, blower compresor, diikat dengan baut
e.       Memasang kembali turbocharger ke turbin casing
f.       Mengencangkan kembali baut penahan blower compresor dengan kunci momen dan
       mengecek arah axsial dan radial
g.      Memasang kembali casing compresor dan mengencangkan baut-baut penahannya
h.      Mengecek kembali putaran turbocharger jika dirasa tidak ada ganjalan, maka hasil
       pemasangan as turbocharger baik, jika terasa keras membuka kembali dan mengecek posisi    
       turbin dengan casingnya
i.        Memasang kembali turbocharger set pada dudukan mesin
j.        Memasang kembali axhaust manipold, intek manipold dan pipa-pipa air pendingin
      turbocharger dan pipa oli
k.      Memasang casing filter udara dan filter udara
7.      Test Mesin
a.       Start mesin hingga running
b.      Mengamati gas buang dan parameter yang ada, jika gas buang yang keluar tak terlalu hitam
      dan putih maka mesin siap dioperasikan.
8.      Pembersihan seluruh alat, tempat dan mesin.



3.3.2  Peralatan Kerja yang digunakan pada saat melaksanakan
pemeliharaan dan pengoperasian pada SPD (Satuan Pembangkit Diesel) :
1.Peralatan Kerja
a.       Tool Set Lengkap berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan pekerjaan.
2.    Perlengkapan K3
a.  Sarung Tangan Isolasi berfungsi sebagai pelindung tangan saat    melakukan pekerjaan.
b. Helm Pengaman standar berfungsi sebagai pelindung kepala dari sentuhan listrik dan sebagai
     pelindung dari kejatuhan dan benturan benda keras.
c.  Sepatu Isolasi berfungsi sebagai pelindung kaki pasa saat melakukan pekerjaan.
d.      Pakaian kerja (wear pack) berfungsi sebagai pelindung anggota badan
e.       Ear plug berfungsisebagai penutup telinga
f.  Kotak P3K lengkap berfungsi sebagai alat untuk penolongan pertama jika terjadi suatu
    kecelakaan dalam pekerjaan.




g.  Kacamata Pengaman berfungsi sebagai pelindung mata saat melakukan pekerjaan.
h. Tanda Peringatan berfungsi untuk mengamankan lokasi pekerjaan dari masyarakat sekitar agar
     tidak mendekat dari lokasi pekerjaan yang juga dipakai sebagai tanda peringatan dan batas       
     daerah pekerjaan.


3.      Material
a.       Lap             c. Ember
b.      Sabun          d. Air


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Kesimpulan yang dapat di ambil dari pembahasan ini meliputi :
1.       Sistem Udara masuk dan Gas Buang sangat membantu memaksimalkan operasi SPD (Satuan Pembangkit Diesel)
2.      Dalam mengoperasikan dan pemeliharaan system udara masuk dan gas buang, SOP (Standart Operation Procedure) harus dilaksanakan agar dapat beroperasi dengan baik
4.2 Saran
Untuk mengakhiri penulisan Laporan Tugas Akhir ini, penulis ingin memberikan saran diantaranya :
1.      Dalam pemeliharaan dan pengopersian mesin selalu dilakukan sesuai SOP (Standart Operation Procedure)
DAFTAR PUSTAKA
DEUTZ Service Information Service, 2004, Technical Circular Medium and Large Size, PT. MBD, Jakarta.
HACH Company, 2001, Hach DREL/2400 Complete Water Quality Laboratory & Turbidimeter, HACH Company USA.
Kusnaedi, 2005, Mengolah Air Gambut dan Air Kotor Untuk Air Minum, Penebar Swadaya, Jakarta.
MWM Diesel, Operasi dan Perawatan Operation and Servicing D 232-TD 232-TBD 232, MWM Diesel, Mannheim.
PT PLN (Persero) Jasa Diklat Unit Pendidikan & Pelatihan Suralaya, 2006, Kimia Air, PT. PLN (Persero), Suralaya.
PT. METITO INDONESIA, System Design Data RO, Banjarmasin.
PUSDIKLAT PERUM PLN, Operasi dan Pemeliharaan PLTD (Dasar), PERUM PLN, Kebayoran Jakarta.
Rusmanto, 2005, Upaya Meningkatkan Daya Mampu Satuan Pembangkit Diesel (SPD) Existing PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltim Sektor Mahakam, PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltim Sektor Mahakam, Mahakam.
Unit Bisma, Buku Petunjuk Pengoperasian Motor Diesel Bisma Lisensi Deutz, PT. Boma Bisma Indra (Persero), Surabaya.
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 2004, Laporan Studi Upaya Pengelolaan lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Pada PLTD Buntok, PT. PLN (Persero) Wilayah Kalsel & Kalteng, Banjarbaru.
Waluyo Daddy, 2005, Proposal Radiator Make Up Water Treatment Package By Using Reverse Osmosis (RO), PT. METITO INDONESIA, Jakarta.
Di PLTD Buntok





LAMPIRAN

Lampiran 1 : Laporan Kegiatan Harian Praktek Kerja Lapangan di PLTD Labuhan Sumbawa
Nama   : RIZKAN OKASI
Nim     : 13.30.05.0009-02
Prodi   : Teknik Mesin
no
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
1
Senin 15 Agustus 2016
-Membongkar strainer Allen 2 serta
 membersihkan komponennya

2
Selasa 16 Agustus 2016
-Merakit head untuk Allen

3
kamis 18 Agustus 2016
-Membongkar pompa jaket water mesin
  Niigata

4
Jum’at 19 Agustus 2016
-Angkat head Niigata 1 & 3

5
Sabtu & minggu 20 Agustus 2016
-Angkat piston dan liner serta mengadakan
  pengecekan pada bearing  

6
Senin 22 Agustus 2016
-Memasang kembali piston & liner 1

7
Selasa 23 Agustus 2016
-Memasang kembali piston & liner 3

8
Rabu 24 Agustus 2016
-Memasang head 1 & 3

9
Kamis 25 Agustus 2016
-Angkat head nomor 5 & 7

10
Jum’at 26 Agustus 2016
-Angkat piston 5 & 7

11
Senin 29 Agustus 2016
-Membuka strainer dan membersihkan
  filternya 1

12
Selasa 30 Agustus 2016
-House keeping

13
Rabu 31 Agustus 2016
-Merakit pompa untuk menguras oli

14
Kamis 1 September 2016
-Mengangkat dan memasang injector

15
Jum’at 2 September 2016
-Treatment oli trafo mesin Nigata

16
Senin 5  September 2016
-Membersihkan strainer BBM mesin Allen
 1
-Mengganti filter BBM Allen 1

17
Selasa 6 September 2016
-Mengecek valve BBM Allen 1

18
Rabu 7 September 2016
-Mengangkat Injektor 3B /oriface plate
  Hancur

19
Kamis 8 September 2016
-Membersihkan dan mengganti filter BBM
  mesin Allen 2

20
Jum’at 9 September 2016
-Mengecek tekanan air radiator rendah dan
  naik turun

21
Selasa 13 September 2016
-Memperbaiki pompa BBM bocor mesin
  Allen 1 & 2

22
Rabu 14 September 2016
-Check dan mengankat injektor no 2 & 3
  A dan 3 & 5 mesin Allen 2

23
Kamis 15 September 2016
-Cleaning dan cat mesin SWD

24
Jum’at 16 September 2016
-Meyemprot strainer oli dan mengganti
  filter oli mesin Allen 2

25
Senin 19 September 2016
-Mengangkat strainer oli mesin Allen 1
  (standby cadangan buat mesin Allen 2)

26
Selasa 20 September 2016
-Menguras oli mesin Allen 1

27
Rabu 21 September 2016
-Memasang motor blower kipas mesin
  Deutz

28
Kamis 22 September 2016
-Mengecek dan setel injector bocor
  seluruhnya, volume oli bertambah mesin
  Allen 2

29
Jum’at 23 September 2016
-Menyetel crack no. 2A temperature
  rendah/pompa injektor tidak bekerja

30
Senin 26 September 2016
-Mengecek kebocoran injektor no 2/4B
  dan 1A  mesin Allen 2

31
Selasa 27 September 2016
-Menguras oli 2 drum dan diganti dengan
  oli bekas Allen 1

32
Rabu 28 September 2016
-Mengecek injektor no.3A dan 2B/ganti
  O-ring putus

33
Kamis 29 September 2016
-Mengecek strainer BBM dan periksa
  injektor no. 2/4B dan 6A

34
Jum’at 30 September 2016
-Memeriksa kebocoran injector semua
  Silinder

35
Senin 3 Oktober 2016
-Membersihkan filter strainer BBM mesin
  Allen 2


36
Selasa 4 Oktober 2016
-Mengangkat injector Allen 2 no.6A

37
Rabu 5 Oktober 2016
-Memasang resistor strainer BBM Allen 2 
 (diambil dari strainer Allen 1)

38
Kamis 6 Oktober 2016
-Mengecek kebocoran injector no.2A dan
  3B

39
Jum,at 7 Oktober 2016
-Membersihkan area sekitar tempat
  Bekerja

40
Senin 10 Oktober 2016
-Stel klep mesin Allen 2
    In    : 0,50
    Out : 0,65

41
Selasa 11 Oktober 2016
- Melepas injector 1,2,4 A dan 2,3,5,B  
  mesin Allen 2

42
Rabu 12 Oktober 2016
-Mengecek O-ring injektor 1,2,5,6,7,8 A 
  dan 2,4,7 B mesin Allen 2

43
Kamis 13 Oktober 2016
-Menyemprot kotoran yang ada di radiator

44
Jum’at 14 Oktober 2016
-Membersihkan area tempat bekerja



Mengetahui
Pembimbing Lapangan



( ABDUL HAMID )
Mengetahui
Dosen Pembimbing




( NANANG TAWAF, ST, MT )
NIDN: 0801018002












Lampiran 2 : Gambar kegiatan PKL di PLTD Labuhan
Membersihkan kedudukan silinder liner

Membersihkan strainer bahan bakar Allen 2
Menyetel klep/valve

Membersihkan strainer oli
Membersihkan tempat kerja

Melepas injector
Memasang blower
Membersihkan strainer bahan bakar Allen 1
Mengganti saringan bahan bakar


 


                                                         









Pengantian Piston kompresor
Menganti Bearing piston
Pemasangan motor listrik
Pembersihan head












Pembersihan piston
















  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar