LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
“TROUBLESHOUTING
SISTEM UDARA MASUK DAN GAS BUANG PLTD LABUHAN”
Disusun Oleh :
RIZKAN OKASI
13.30.05.0009-02
PROGRAM STUDI
DIII TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
SAMAWA
SUMBAWA BESAR
2016
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas berkat dan
rahmat-Nya sehingga penyusun mampu
menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini.
Laporan Praktek
Kerja Lapangan ini berjudul Troubleshouting
Sistem udara masuk dan gas buang Mesin Allen
PLTD Labuhan Sumbawa. Praktek Kerja Lapangan ini telah penyusun laksanakan
dengan baik di PT PLN (Persero) Wilayah NTB Area Sumbawa PLTD Labuhan, yang
berlokasi di jalan Garuda Labuhan-Sumbawa Besar.
Praktek
Kerja Lapangan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Agustus s/d tanggal 15 Oktober
2016 merupakan salah satu syarat yang
harus dilaksanakan oleh mahasiswa, dimana dalam kegiatan tersebut mahasiswa
dituntut untuk lebih peka dalam mengamati segala sesuatu yang ada di lapangan
dan kemudian dapat menarik suatu kesimpulan dan solusi sebagai hasil dari
analisa dengan teori-teori yang telah dipelajari dibangku perkuliahan.
Pada
kesempatan ini tidak lupa penyusun ucapkan terimah kasih kepada semua pihak
yang telah membantu hingga dapat terselesainya laporan ini. Oleh karena itu
pada kesempatan yang baik ini penyusun ucapkan terimah kasih yang tak terhingga
kepada :
1.
Rektor
Universitas Samawa Sumbawa Besar
2.
Dekan Fakultas
Teknik
3.
Ketua Program
Studi Teknik Mesin
4.
Dosen Pembimbing
praktek kerja lapangan
5.
Manager PLTD
Labuhan
6.
Supervisor
pemeliharaan
7.
Pembimbing
lapangan kerja
8.
Semua staf
Pemeliharaan PLTD Labuhan yang telah membantu serta memberikan pengarahan.
9.
Semua pihak yang
telah membantu baik secara moril maupun materil
Akhir kata penyusun menyadari bahwa
laporan ini masih jauh dari sempurna, meningat terbatasnya pengetahuan dan
pengalaman serta waktu yang tersedia. Untuk itu penulis membutuhkan kritik dan
saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga dengan
selesainya laporan ini bermanfaat bagi kita semua.
Sumabawa, 2016
Penyusun
|
Daftar
isi
Judul Laporan Praktek
Kerja Lapangan
hlm
Lembar Pengesahan................................................................................................... i
Lembar Asistensi........................................................................................................ ii
Surat Puas.................................................................................................................. iii
Kata Pengantar........................................................................................................... iv
Daftar isi.................................................................................................................... vi
Daftar gambar............................................................................................................ viii
Daftar Tabel............................................................................................................... ix
Daftar Lampiran......................................................................................................... x
Abstrak ...................................................................................................................... xi
BAB
I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang.............................................................................................. 1
1.2 Tujuan
........................................................................................................... 2
1.2.1 Tujuan Umum....................................................................................... 2
1.2.2 Tujuan Khusus...................................................................................... 2
1.3 Manfaat
Praktek Kerja Lapangan.................................................................. 3
1.4 Batasan
Masalah............................................................................................ 3
1.5 Metode
Penulisan.......................................................................................... 3
BAB
II
DASAR TEORI ........................................................................................ 5
2.1 Kegiatan Umum............................................................................................. 5
2.2 Visi, Misi dan Motto...................................................................................... 6
2.3 Sejarah Ringkas
PLTD Labuhan Sumbawa.................................................... 6
2.4 Kegiatan usaha............................................................................................... 12
2.5 Lay out PLTD
Labuhan Sumbawa................................................................. 13
2.6 Struktur Organisasi......................................................................................... 15
2.7 Uraian JOB Struktur Organisasi..................................................................... 16
BAB
III PEMBAHASAN....................................................................................... 17
3.1
Udara masuk dan gas buang.......................................................................... 17
3.1.1 filter
……………………………………………………………..……17
3.1.2 Turbocharger……………………………………………………...…..17
3.1.3 Intake
manifold ………………………………………………………17
3.1.4 Exhaust manifold……………………………………………………..18
3.1.5 Silencer, Silinder dan cerobong………………………………………18
3.2
Landasan teori................................................................................................ 18
3.2.1
Fungsi system udara masuk dan gas buang.......................................... 18
3.2.2
Perinsip kerja mesin PLTD.................................................................... 19
3.2.3
Langkah isap......................................................................................... 20
3.2.4
Langkah kompresi................................................................................. 20
3.2.5
Langkah usaha...................................................................................... 21
3.2.6 Langkah buang...................................................................................... 21
3.3
Troubleshouting
Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang Allen PLTD Labuhan 24
BAB
IV PENUTUP................................................................................................. 34
4.1 Kesimpulan...................................................................................................... 34
4.2 Saran................................................................................................................ 34
Daftar Pustaka........................................................................................................... 35
Lampiran.................................................................................................................... 36
Daftar Gambar
Gambar
2.1 Mesin SWD DRO 218 K....................................................................... 6
Gambar
2.2 Mesin Dhaihatsu..................................................................................... 7
Gambar
2.3 Mesin Deutz........................................................................................... 8
Gambar
2.4 Mesin Niigata ........................................................................................ 9
Gambar
2.5 Mesin Allen............................................................................................ 10
Gambar
2.6 Lay out PLTD Labuhan Sumbawa........................................................ 11
Gambar
2.7 Struktur organisasi PLTD Labuhan ....................................................... 15
Daftar Tabel
Tabel
2.1 Tentang kegiatan usaha.............................................................................. 11
Daftar
Lampiran
Lampiran
1. Laporan kegiatan harian praktek kerja lapangan.................................... 42
Lampiran
2. Gambar kegiatan selama PKL............................................................... 45
Lampiran
3. Absensi ................................................................................................. 49
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Listrik
sebagai suatu kebutuhan manusia yang vital harus mampu terpenuhi dengan baik.
Berbagai cara telah dilakukan oleh manusia sebagai usaha untuk mempermudah
dalam penyediaan energi listrik
tersebut, salah satunya yaitu dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).
Tenaga
listrik melibatkan produksi dan pendistribusian energi listrik dalam jumlah
berkecukupan untuk menjalankan peralatan listrik rumah tangga, peralatan
perkantoran, mesin industri, dan menyediakan energi yang cukup untuk penerangan
umum, pemanasan, memasak, dll.
Di
wilayah Nusa Tenggara Barat terdapat 3 unit Area dan 1 sektor yaitu: Area
Mataram, Area Sumbawa, Area Bima, dan sektor Lombok. Dimana di Area Sumbawa ini
terdapat 4 (empat) pembangkit tenga diesel yang masing-masing berlokasi di
Taliwang, Alas, Labuhan Sumbawa, dan Empang.
Dari
keempat pembangkit tersebut, PLTD Labuhan Sumbawa yang terbesar dimana pada
pembangkit listrik di Labuhan Sumbawa ini terdapat 8 mesin diesel yang
dioperasikan untuk melayani 6 penyulang diantaranya penyulang Badas, penyulang
Moyo, penyulang Kota, penyulang Lenangguar, penyulang Nijang, penyulang Utan.
Pengadaan
program Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat memantapkan dan memperkenalkan
serta mendapatkan pengalaman bagi mahasiswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya
sehingga menjadi tenaga handal, professional, kreatif, inovatif yang nantinya
didunia kerja berdasarkan pengalaman yang didapat.
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun
tujuan dari pelaksanaan praktek kerja lapangan ini adalah sebagai berikut :
1.2.1
Tujuan Umum
Adapun tujuan umum dari
Praktek Kerja Lapangan ini adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui
“ Troubleshouting Pada Sistem Bahan
Bakar Niigata 8 L 40 CX” yang ada pada suatu Pembangkit Listrik di PLTD Labuhan
Sumbawa.
2. Mahasiswa
mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan dengan praktek
kerja yang sebenarnya dilapangan.
3. Menambah
keterampilan serta metode baru dalam bekerja yang mana belum pernah didapat
dibangku perkuliahan.
4. Menjadikan
mahasiswa yang handal, professional dan kreatif sebagai sarana pengembangan
potensi mahasiswa.
5. Mahasiswa
siap memasuki dunia kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam
lingkungan dibidang keahlian masing-masing.
6. Meningkatkan
kerja sama dengan dilandasi jiwa kekeluargaan dan kemitraan.
1.2.2
Tujuan Khusus
Tujuan
khusus dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui
Troubleshouting Pada Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang Niigata 8 L 40 CX.
2. Merupakan
salah satu persyaratan akademik yang harus ditempuh mahasiswa guna
menyelesaikan program pendidikan Diploma III pada program studi Teknik Mesin
Fakultas Teknik Universitas Samawa Sumbawa Besar.
3. Sebagai
dasar dalam pengambilan materi atau bahan guna menyusun Tugas Akhir nantinya.
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun
manfaat yang diperoleh dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah melatih
kerja dan daya berfikir serta nalar yang lebih obyektif terhadap hal-hal yang
ditemui langsung dilapangan, dan juga berfungsi untuk mengetahui suasana yang
sebenarnya dilapangan, dan juga untuk mengembangkan teori-teori yang didapat
dibangku perkuliahan.
Dengan
demikian terjadi keseimbangan antara teori dan praktek dilapangan, dimana semua
itu dapat dijadikan sebagai bekal bagi mahasiswa khususnya penulis dimasa yang
akan datang untuk menghadapi dunia kerja.
1.4 Batasan Masalah
Dalam penulisan laporan ini,
penulis lebih menitik beratkan pada Troubleshouting pada Sistem Bahan Bakar
Niigata 8 L 40 CX.
1.5 Metode Penulisan
Dalam
penulisan laporan ini, penulis menggunakan metode observasi dimana penulis
secara langsung terlibat (ikut mengamati) dalam menangani suatu permasalahan,
sehingga tidak menutup kemungkinan adanya tanya jawab antara penulis dengan
staf perusahaan untuk membandingkan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan
dengan yang ada dilapangan. Disamping itu juga penulis memakai studi literatur
untuk mendapatkan teori, data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan
ini.
BAB
II
TINJAUAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1
Kegiatan Umum
PT
PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu Unit Pelaksanaan
Induk yang membawahi 3 Kantor Area (Area Mataram, Area Sumbawa dan Area Bima)
dan 1 sektor (sektor Lombok).
PT
PLN (Persero) Area Sumbawa (selanjutnya disebut PLN Area) beralamat di Jln. Setia Budi No.18 Sumbawa Besar. PLN
Area membawai 3 Rayon ( Rayon Taliwang, Rayon Alas, dan Rayon Empang) dan 1
PLTD, yaitu PLTD Labuhan. PT PLN (Persero) wilayah NTB Area Sumbawa PLTD
Labuhan merupakan PLTD terbesar dan pemasok utama tenaga listrik diunit bisnis
PLN Area. Dengan menjalankan proses bisnisnya PLTD Labuhan memiliki sasaran
mutu sebagai berikut yaitu:
SFC
(Specific Fuel Comsumption) :
0,260 ltr/KWh
SLC
( Specific Lub Oil Consumption) : 3,80
cc/ KWh
OAF
( Operating Avalaible Factor) :
80%
Tegangan :
19 Kv s/d 21 Kv
Frekuensi
:50 Hz
Berikut
adalah data singkat PLTD Labuhan :
Nama
: PT PLN (Persero)
Wilayah NTB Area Subawa PLTD Labuhan
Alamat
kantor : Jln. Garuda Labuhan- Sumbawa
Besar
Di
bangun : Tahun 1977
Daya
terpasang : 13.428 KW
Daya
mampu : 7900 KW
Jumlah
pegawai : 40 orang
2.2
Visi, Misi dan Motto
PLTD
Labuhan mempunyai Visi, Misi dan Motto sebagai berikut :
Visi :
Ø Menjadi
Unit Pembangkit Kelas Dunia Yang Efisien, Aman, Handal dan Akrab Lingkungan
Misi :
Ø Meningkatkan
kompetensi sumber daya manusia setara kelas dunia.
Ø Melaksanakan
pemeliharaan unit pembangkit SPD sesuai SOP yang berlaku.
Ø Memantau
dan mengepaluasi serta terus menerus dampak pemeliharaan tenaga listrik
Ø Mewujudkan
Zero Accident (kecelakaan Nihil)
Ø Mendapat
pendapatan dan citra perusahaan
Motto :
“Komitmen, Peduli, dan
Kebersamaan”
2.3
Sejarah Ringkas PLTD Labuhan Sumbawa
PLTD
Labuhan Sumbawa dibangun pada tanggal 1977 diatas tanah seluas 1,2 hektar
dijalan Garuda Labuan Sumbawa. Pada saat berdiri mempunyai satu gedung sentral
anak kantor dan rumah dinas kepala PLTD. Pada saat itu mesin yang dimiliki baru
2 (Dua) unit pembangkit SPD (Satuan Pembangkit Diesel) yaitu SWD DRO 218 K (536
KW) dan SWD DRO 216 (336 KW).
Gambar 2.1. Mesin SWD DRO 218 K
Seiring
dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga
listrik, maka pada tahun 1980 dilakukan penambahan 2 unit pembangkit Ruston 6AP
2 C (346 KW). (tidak beroperasi)
Pada tahun 1985
dilakukan lagi penambahan satu unit pembangkit yaitu : Daihatsu 6 PS HTC 26 DM,
(520 KW).
Gambar
2.2.
Mesin Daihatsu
Selanjutnya
pada tahun 1986 di bangun sentral baru untuk penambahan mesin Deutz BV 8M (2 x 1224 KW).
Gambar
2.3.
mesin Deutz
Karena kebutuhan masyarakat akan tenaga litrik terus
meningkat, maka pada tahun 1987 dilakukan peluasan gedung sentral baru untuk
penambahan mesin yaitu Nigata 8 L 40 CX (3000 KW)
Gambar
2.4
Mesin Niigata
Pada
tahun 1992 mesin SWD DRO 216 dipindahkan ke Empang, tahun 1998 mesin Ruston 1
unit relokasi ke PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Area Ende Ranting
Bajawa. Pada tahun 1996 mesin Caterpillar (508 KW) berlokasi dari timor-timor
ke PLTD Labuhan.
Pada
tahun 2000 gedung sentral baru diperluas kembali untuk menambah 2 unit
pembangkit ALLEN 3016 (3035 KW), jadi jumlah unit pembangkit yang dikelola oleh
PLTD Labuhan Area Sumbawa sampai saat ini berjumlah 6 unit (1 unit overhaul dan
1 unit tidak beroperasi) dengan daya terpasang 13.428 KW dan daya mampu 7900
KW.
Gambar
2.5.
Mesin Allen
2.4.
Kegiatan usaha
PLTD Labuhan sebagai
pemasok tenaga listrik terbesar di unit usaha PLN Area. Yaitu sekitar 70%
dengan bisnis utamanya sebagai pembangkit tenaga listrik yang di salurkan
melalui jaringan distribusikan 20 KV. PLTD Labuahan memasok tenaga listrik
untuk Daerah Sumbawa Besar, Alas, Taliwang dan Empang.
Data SPD (Satuan
Pembangkit Diesel) yang terdapat di PT PLTD Labuhan dapat di lihat pada tabel
berikut :
NO.
Unit
|
Merek
mesin
|
Daya
Terpasang (KW)
|
Daya
Mampu (KW)
|
1
|
SWD
DRO 218 K
|
536
|
300
|
2
|
DAIHATSU
6 PS HTC 26 DN
|
520
|
400
|
3
|
DEUTZ
BV 8 M 628
|
1224
|
950
|
4
|
DEUTZ
BV 8 M 628
|
1224
|
Gangguan
|
5
|
NIGATA
8L 40 CX
|
3000
|
Gangguan
|
6
|
ALLEN
3016
|
3035
|
Overhaull
|
7
|
ALLEN
3016
|
3035
|
2500
|
Tabel 2.1 Tentang Kegiatan
Usaha
2.5.
Lay Out PLTD Labuhan Sumbawa
Gambar
2.6.
Lay Out PLTD Labuhan Sumbawa
KETERANGAN GAMBAR :
a. GEDUNG
SENTRAL A
1. Tiga
unit Caterpillar (SEWATAMA)
2. Mesin
SWD DRO 218 K
3. Mesin
Daihatsu 6 PSHTC
b. GEDUNG
SENTRAL B
1. Mesin
Deutz BV 8M 628
2. Mesin
Deutz BV 8 M 628 (tidak beroperasi)
3. Mesin
Nigata 8L 40 CX
4. Mesin
Allen 3016
5. Mesin
Allen 3016
c. GEDUNG
SENTRAL MESIN SEWA
PERALATAN
DAN INFRASTRUKTUR DI LUAR GEDUNG SENTRAL :
1. Trafo
step down (EB)
2. Tafo
step up 0,4/20
3. Gudang
Tol.
4. Tanki
oli penambah.
5. Tanki
harian mesin Ruston 6 AP 2 C.
6. Silender
mesin Ruton 6 AP 2 C.
7. Radiator
mesin Ruston 6 AP C
8. Radiator
mesin SWD DRO 218 K.
9. Radiator
mesin Daihatsu 6 PSHTC
10. Silencer
mesin Daihatsu 6 PSHTC
11. Incinerator.
12. Trafo
step up 6,3 / 20 sentral A.
13. Trafo
step up cadangan.
14. Trafo
step up 6,3 / 20 Deutz 1 mesin Niigata.
15. Trafo
step up 6,3 / 20 Deutz 2 trafo step down (EB) Deutz Trafo step down (EB)
Niigata.
16. Trafo
step up 6,3 / 20 Niigata.
17. NGR
tower air Trafo step down (EB) A1.
18. Tanki
water softener.
19. Trafo
step down (EB) A2.
20. Tanki
waater sofwater mesin.
21. Trafo
step up 6,3 / 20 Allen 1 Niigata.
22. .Trafo
step up 6,3 / 20 Allen 2 A3.
23. Bak
air.
24. Silencer
mesin deutz 1 A4.
25. Tanki Raw water mesin Allen.
26. Silencer
mesin deutz 2 3016
27. Silencer
mesin Niigata
28. Silencer
mesin Allen 1
29. Silencer
mesin Allen 2
30. Tangki
oli kotor (limbah)
31. Radiator
mesin Allen 1
32. Radiator
mesin Allen 2
33. Bak
pemisah
34. Tang
+ pompa pemadam
35. Radiator
oli mesin Niigata
36. Radiator
JWC & CACW
37. Radiator
mesin Deutz 2
38. Radiator
mesin Deutz 1
39. Tangki
oli kotor
40. Tempat
drum
41. Incinerator
42. Tangki
limbah T1
43. Tanki
timbun BBM 500 ton G2
44. Gudang
perbengkelan anex T2
45. Tanki
timbun BBM 300 ton kantor T3
46. Tanki
timbun BBM 100 ton S1
47. Trafo
step up 6,3/ 20 mesin T4
48. Tanki
timbun BBM 100 ton sewa T5
49. Tanki
timbun BBM 100 ton S2
50. Tanki
harian mesin harian
51. Kantor
PLTD Labuhan sewa
52. Ruang
Manajer PLTD Labuhan S3
53. Tanki
harian mesin harian
54. Gudang
PLTD Labuhan sewa
55. Tempat
Parkir motor
56. WC
57. Bak
penuangan
58. Ruang
pompa BBM
59. Bengkel
60. Gudang
bengkel
61. Kantor
CBD
62. Pos
satpam
63. Tempat
parker motor
64. Mushola
65. Wc
2.6 One line Diagram
Sistem Pusat Listrik PLTD Labuhan Sumbawa
2.7
Struktur Organisasi.
2.8
Uraian JOB Struktur Organisasi
a.
Manajer PLTD Labuhan
1. Bertanggung
jawab atas pelaksanaan pengoperasian mesin pembangkit.
2. Bertanggung
jawab atas pelaksanaan pemeliharaan rutin dan periodik mesin pembangkit.
3. Bertanggung
jawab atas keandalan, efisiensi serta kontinyuitas penyaluran tenaga listrik.
4. Melakukan
analisa dan perbaikan atas masalah –masalah yang timbul pada unit PLTD Labuhan.
5. Bertanggung
jawab atas pelaksanaan program-program perbaikan yang berkesenambungan di unit
PLTD Labuhan.
6. Bertanggung
jawab atas semua pelaporan pembangkitan .
7. Bertanggung
jawab atas pelaksanaan keselamatan
ketenagalistrikan di lingkungan PLTD Labuhan.
8. Bertanggung
jawab untuk membuat program pelatihan bagi pegawai PLTD Labuhan.
b.
Supervisor Operasi PLTD Labuhan
1. Pelaksanaan
pengoperasian satuan pembangkit diesel.
2. Pelaksanaan
pengoperasian penyaluran tenaga diesel.
3. Menjaga
mutu dan keandalan tenaga listrik yang disalurkan.
4. Mengambil
langkah proventif terhadap gangguan satuan pembangkit diesel.
5. Pelaksanaan
keselamatan ketenagalistrikan (K2)
6. Pembuatan
laporan sesuai dengan kegiatannya.
c.
Supervisor Pemeliharaan PLTD Labuhan
1. Pelaksanaan
pemeliharaan satuan pembangkit diesel di PLTD Labuhan.
2. Mengatasi
gangguan pada satuan pembangkit diesel.
3. Pelaksanaan
pengendalian biaya pemeliharaan satuan pembangkit diesel.
4. Pembuatan
laporan sesuai dengan kegiatannya.
d.
Administrasi PLTD Labuhan Sumbawa
1. Pelaksanaan
administrasi PLTD.
2. Pelaksanaan
kegiatan rumah tangga PLTD.
3. Bertanggung
jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan memantau kegiatan pelatihan
pendidikan dan kompetensi SDM.
4. Bertanggung
jawab dalam proses pengadaan barang dan jasa.
5. Pelaksanaan
pengendalian material pembangkit
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1 UDARA MASUK DAN GAS BUANG
Sistem
udara masuk dan buang terdiri dari filter udara masuk (air intake filter),
turbocharger, intercooler, saluran udara masuk air intake manifold,
katup isap dan katup buang (intake valve and exhaust valve), exhaust
manifold, dan silincer atau knalpot. Fungsi dari filter udara masuk adalah
menghalangi kotoran berupa debu dan partikel padat lainnya masuk ke sistem
udara masuk dan buang. Turbocharger adalah suatu komponen tambahan
yang digunakan pada mesin-mesin diesel. Komponen ini sangat membantu meningkatkan performa dari mesin diesel.
Terdiri dari dua sisi yaitu sisi blower (sisi isap) dan sisi turbin
(sisi buang). Prinsip kerja dari turbocharger adalah pemanfaatan gas
buang hasil pembakaran yang masih mempunyai sisa energi digunakan untuk tenaga
pada sisi blower melalui turbin. Udara yang dihasilkan oleh blower
mempunyai tekan yang tinggi sehingga sangat meningkatkan daya yang dihasilkan
oleh mesin diesel itu sendiri. Intercooler berfungsi sebagai pemampat
udara yand ditekan oleh blower sehingga lebih besar densitinya melalui
proses pendinginan.
3.1.1 Filter Udara
Air
filter atau filter udara berfungsi untuk membantu mencegah masuknya udara kotor
kedalam ruang bahan bakar. Secara
umum filter tersebut sangat membantu untuk menjaga ruang bahan bakar tetap bersih
dan menyebabkan pembakaran yang sempurna sehingga mampu mempertahankan peforma
mesin secara maksimal.
3.1.2
Turbocharger
turbocharger berfungsi untuk mengkonversikan energi
energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan
energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi
udara masuk dari intake manifold.
3.1.3
Intake manifold
Intake
manifold adalah bagian dari mesin yang diperlukan dalam bahan bakar dan udara.
Bagian ini kemudian mendistribusikan bahan bakar dan udara campuran merata ke
pelabuhan silinder mesin.
3.1.4 Exhaust manifold
Exhaust
manifold berfungsi menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas
tersebut ke pipa buang. Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder,saluran
manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas pada silinder.
3.1.5 Silencer, Silinder dan cerobong
Silencer berfungsi Untuk meredam
suara gas buang yang keluar dari ruang bakar sehingga mesin tidak bising.
3.2 LANDASAN
TEORI
3.2.1
Fungsi Sistem udara masuk dan gas buang
Sistem udara masuk dan gas buang merupakan saluran yang mengarahkan aliran
udara masuk kedalam masing-masing silinder dan sisa hasil pembakaran dari
masing-masing silinder agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga udara
sangat diperlukan dalam proses pembakaran, dimana udara tersebut diambil
langsung dari udara atmosfir. Sistem udara masuk ini berfungsi menyediakan
udara bersih yang cukup untuk proses pembakaran bahan bakar dalam silinder.
Pada PLTD Sentawar, baik pada mesin MAN maupun DEUTZ, system udara masuknya
menggunakan system turbocharger yang terdiri dari Turbin, Blower dan
Intercooler.
- Filter Udara
- Blower
- Turbin
- Intercooler
- Exhaust Manipold
Sistem turbocharger memanfaatkan gas buang yang keluar dari silinder
untuk memutar turbin yang dikopel langsung dengan poros blower. Selanjutnya
blower tersebut menghisap udara masuk kesilinder.
Dengan temperature udara yang tinggi
yang keluar dari Blower, maka udara tersebut perlu didinginkan. Udara tersebut
didinginkan dengan menggunakan Intercooler sebelum masuk ke silinder lalu masuk
kedalam radiator untuk didinginkan kembali. Kemudian udara dari intercooler
masuk ke intake manifold, selanjutnya udara tersebut masuk keruang bakar untuk
selanjutnya dikompresi. Pada akhir kompresi bahan bakar diinjeksikan kedalam
silinder sehingga terjadi proses pembakaran antara bahan bakar dan udara. Gas
hasil pembakaran dimanfaatkan untuk memutar turbin pada system turbocharger
selanjutnya dibuang ke exhaust, silinder, cerebong terus keudara luar.
Yang termonitor pada system udara masuk dan gas buang adalah :
a. Temperature udara masuk
b. Temperature gas buang
3.2.2 Perinsip kerja mesin PLTD
Mesin diesel 4 tak memiliki prinsip
kerja untuk melakukan 1 kali proses, terjadi 4 langkah dan 2 putaran crank
shaft (poros engkol). Lebih simplenya dalam hal efisiensi, mesin diesel 4 tak
hanya membutuhkan 1 kali pembakaran untuk 2 kali putaran crank shaft, berbeda
dengan mesin diesel 2 tak yang 1 kali pembakaran hanya menghasilkan 1 putaran
crank shaft. Langkah-langkah kerja mesin 4 tak di jelaskan lebih rinci dengan
di bawah ini.
3.2.3 Langkah
Isap
Langkah Isap
Pada
langkah ini yang terjadi adalah udara masuk ke dalam silinder, katup isap membuka dan udara dari saluran
udara masuk melalui katup
isap, piston (torak) bergerak menuju TMB (titik mati bawah). Pada mesin diesel
besar biasanya terdapat turbocharge yang berfungsi untuk menambah jumlah udara
yang masuk ke silinder agar daya yang di hasilkan mesin maksimal. Turbocharge
adalah turbin yang digerakan oleh panas gas buang, turbin ini memutar blower
bertekanan rendah untuk menghisap udara luar masuk ke dalam saluran udara dan
masuk ke silinder-silinder. Turbocharge ini meningaktkan efisiensi kalor yang
di gunakan dari hasil pembakaran.
3.2.4 Langkah
Kompresi
Langkah Kompresi
Pada
langkah ini, udara yang masuk pada langkah isap di kompresi, piston
bergerak dari TMB menuju TMA (titik mati atas), sehingga udara menagalami
pemampatan atau terkompresi. Kedua katup tertutup, baik katup isap maupun katup
buang.Udara yang terkompresi ini mengalami kenaikan suhu dan tekanan, karena
molekul-molekul pada udara bergesekan pada saat di kompresi,sehingga terjadi
kenaikan suhu. Pada mesin diesel, perbandingan kompresinya besar, karena
perbandingan kompresi yang besar mengahasilkan panas yang lebih besar pula pada
udara kompresi, panas ini lah yang dapat membakar bahan bakar, karena mesin
diesel tidak memilik pematik api seperti halnya pada mesin yang menggunakan
bahan bakar bensin.
3.2.5 Langkah
Usaha
Langkah Usaha
Pada
langkah ini yang terjadi adalah pembakaran pada ruang bakar.Keadaan katup baik
isap maupun buang tertutup. Udara terkompresi yang memiliki suhu dan tekanan
tinggi pada volume sisa hasil dari langkah kompresi akan disemprotkan bahan
bakar oleh nozzle berupa partikel-partikel kecil, hal ini agar bahan bakar
mudah di terbakar. Oleh karena itu bahan bakar dari pompa bahan bakar di
alirkan menuju nozzle terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar, di dalam
nozzle ini terjadi pemampatan bahan bakar kira-kira antara 350-380 bar, keluar dari nozzle bahan bakar
berupa kabut atau partikel-partikel yang sangat kecil.Partikel-partikel kecil
bahan bakar ini bercampur udara bersuhu tinggi sehingga terbakar.Terjadi
perubahan suhu dan tekanan yang sangat tinggi sehingga menekan piston menuju
TMB, langkah ini yang di namakan langkah usaha.
3.2.6 Langkah
buang
Langkah Buang
Pada
langkah ini yang terjadi adalah pembuangan udara gas sisa-sisa hasil
pembakaran.Piston bergerak menuju
ke TMA dan katup buang terbuka dan gas sisa-sisa hasil pembakarankeluar melalui katup yang katup buang.Pada langkah ini juga terjadi
overlapping, yaitu keadaan katup isap yang mulai membuka sebelum katup buang
menutup sepenuhnya.
Dalam pengoperasiannya, sebuah unit
PLTD memiliki alat bantu yang masing-masingnya memiliki tugas dalam sebuah sistem. Sistem-sistem yang terdapat
pada PLTD adalah sistem
pendinginan (cooling), sistem pelumasan (lubricating), sistem bahan bakar (fuel)dan sistem-sistem lainnya. Fungsi dari sistem bahan bakar adalah sistem yang tugasnya mensuplai bahan
bakar sampai masuk ke dalam silinder, sistem pendinginan adalah menjaga
keadaan mesin agar tidak overheating, dan sistem pelumasan berfungsi menjaga komponen-komponen mesin
yang saling bergesekan dari keausan (sebagai film).
Filter Udara
|
Air filter atau filter udara
berfungsi untuk membantu mencegah masuknya udara kotor kedalam ruang bahan
bakar.
|
Turbocharger
|
turbocharger berfungsi untuk mengkonversikan energi
energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan
energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi
udara masuk dari intake manifold.
|
intake manifold
|
Intake manifold
adalah bagian dari mesin yang diperlukan dalam bahan bakar dan udara. Bagian
ini kemudian mendistribusikan bahan bakar dan udara campuran merata ke
pelabuhan silinder mesin.
|
Exhaust manifold
|
Exhaust manifold
berfungsi menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas
tersebut ke pipa buang. Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder,saluran
manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas pada silinder.
|
Expantion
Joint (Peredam getar)
|
Expantion
joint berfungsi untuk meredam getaran dari mesin kecerobong.
|
Silencer,
Silinder dan cerobong
|
Silencer
berfungsi Untuk meredam suara gas buang yang keluar dari ruang bakar sehingga
mesin tidak bising.
|
3.3 Troubleshouting Sistem Udara Masuk Dan Gas Buang Allen PLTD
Labuhan
a.
Troubleshooting Filter
Udara
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Kotor
|
Udara luar kotor
|
Ganti baru
|
b.
Troubleshoting pada Turbocharger
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Temperatur terlalu tinggi
|
Saat exhaust temperatur naik
Berlebihan, tenperatr turbo charge
naik dan kompnn-komponennya akan ikut naik, pada saat itu turbin, impler dan
bering akan contact dan mengalami kerusakan.
|
Ganti baru
|
c. Troubleshoting pada intake manifold
Ganguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Asap hitam atau abu-abu
|
Intake manifold bocor atau tersunbat
|
Pembersihan intake manifold / ganti
baru
|
d.
Troubleshoting pada Exhaust manifold
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Retak
|
Exhaust manifold bekerja di suhu
tinggi
|
Ganti baru
|
e. Troubleshoting pada Silencer,
Silinder dan cerobong
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Korosi
pada dinding cerobong
|
Karena adanya reaksi logam dengan
zat-zat di sekitarnya misalnya udara dan air ehingga menimbulkan senyawa
baru.
|
Pengecaan ulang pada bagian yang
terkena korosi
|
f.
Troubleshoting pada Pipa
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Terkorosi
|
Karena adanya reaksi logam dengan
zat-zat di sekitarnya misalnya udara dan air ehingga menimbulkan senyawa
baru.
|
Pengecaan ulang pada bagian yang
terkena korosi
|
g. Troubleshoting pada kompresor whelle
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Penurunan diameter dari kompresor
|
Yang di karenakan menyentuh dinding
partition wall sehinga mengakibatkan penurunan udara bilas yang dihasilkan
turbocharge
|
-Pembersihan kompresor whlle
Pembersihan dapat di lakukan dengan jalan menyemprotkan air melalui
saluran khusus yang di lengkapi nozzle di ujungnya
|
h. Troubleshoting pada turbine
Gangguan
|
Penyebab
|
Perbaikan
|
Unbalance
|
penumpukan deposid yang berlebihan dari
gas buang pada part tersebut
|
-Pembersihan isi turbin
|
DIAGRAM
SISTIM UDARA MASUK DAN GAS BUANG
|
|
3.3
Cara kerja Udara Masuk Dan Gas Buang
Sistem udara masuk dan gas buang merupakan saluran yang mengarahkan aliran udara
masuk kedalam masing-masing silinder dan sisa hasil pembakaran dari
masing-masing silinder agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga udara
sangat diperlukan dalam proses pembakaran, dimana udara tersebut diambil
langsung dari udara atmosfir. Sistem udara masuk ini berfungsi menyediakan
udara bersih yang cukup untuk proses pembakaran bahan bakar dalam silinder.
Pada PLTD Sentawar, system udara
masuknya menggunakan system turbocharger yang terdiri dari Turbin, Blower dan
Intercooler.
1. Turbocharger
Fungsi turbocharger adalah untuk
memberikan tekanan udara masuk yang lebih tinggi sehingga tekanan kompresi
naik, maka pembakaran dapat terjadi dengan sempurna dan daya mesin lebih besar
(untuk ukuran mesin yang sama). Dalam Turbocharger terbagi dua yaitu Blower dan
Turbin. Blower berfungsi untuk menghisap udara luar masuk kesilinder. Sedangkan
turbin untuk memutar blower.
Cara kerja turbocharger yaitu gas buang memutarkan turbin, keporos dengan
blower, berputar memasukan udara baru.
Yang harus diperhatikan pada turbocharger :
-
Pelumasan turbocharger
-
Tingkat kebersihan turbin dan blower
-
Kelonggaran sudut dan rumah keong
-
Putaran poros turbocharger
-
Temperature gas buang
2. Filter Udara (air cooler)
Filter udara (air cooler) untuk
membebaskan udara dari kotoran, debu, pasir, dan benda-benda lain yang merusak
silinder.
Yang harus diperhatikan pada filter udara (air cooler) :
-
Tingkat kebersihan penyaring
-
Tingkat kerapatan bahan penyaring
-
Kelembaban udara disekitsr
3. Pendingin Udara (inter cooler)
Pendingin Udara (intercooler)
berfungsi untuk menbdinginkan udara yang masuk kedalam ruang bakar agar berat
jenis udara tersebut akan bertambah. Cara kerja inter cooler yaitu udara dari
blower bersinggungan dengan pipa air pendingin, sehingga panas dari udara
terserap oleh air.
Yang harus diperhatikan pada inter cooler adalah :
-
Tingkat kebersihan saluran air
pendingin
-
Tingkat kebersihan saluran udara
-
Kualitas air pendingin
-
Kebocoran pipa air pendingin
4. Intake Manifold (saluran udara
masuk)
Intake manifold sebagai tempat
masuknya udara masuk sebelum kesilinder.
5. Exhaust
manifold (saluran gas buang)
Exhaust manipold sebagai tempat
keluarnya gas buang setelah pembakaran.
6. Expantion
Joint (Peredam getar)
Expantion joint berfungsi untuk
meredam getaran dari mesin kecerobong.
7. Silencer,
Silinder dan cerobong
Silencer berfungsi Untuk meredam suara gas buang yang keluar
dari ruang bakar sehingga mesin tidak bising.
3.3.1 Prosedur Pengopersian dan
Pemeliharaan Sistem Udara Masuk dan Gas
Buang
A. Pemeliharaan
Turbocharger
Adapun
langkah-langkah kerja yang harus dilakukan dalam pemeliharaan dan Udara Masuk
dan Gas Buang agar dapat maksimal yaitu :
1.
Persiapan
a.
Menyiapkan seluruh perlengkapan / alat
b. Melepas
filter udara beserta casing dan seluruh pipa-pipa air pendingin serta pipa-pipa
oli masuk / keluar
turbocharger
c. Melepas
baut penghubung turbocharger dengan exhaus manipold, intek manipold dan dudukan
pada bodi mesin
d.
Mengangkat turbocharger dari mesin
2.
Memisahkan
Casing Compresor dan Casing Turbin
a.
Melepas compresor casing dengan membuka baut memakai kunci 17 mm
b.
Membuka baut penahan compresor whell sambil menahan baut pada sisi
turbin dengan kunci L 19 dan memasang pengail untuk memasang tali
c.
Mencabut seluruh komponen compresor dan turbin dari casing turbin
3.
Memisahkan
turbin dengan compresor
a.
Melepas pengail dan memanasin blower compresor untuk memudahkan
pencabutan
b.
Mencabut bearing casing componen dengan trek 2 kaki
4.
Membuka
bearing turbocharger
a.
Melepas ring clip dengan tang pencabut dalam
b.
Mencabut bearing cover dengan kedua obeng min sambil diayun ayunkan
c.
Melepas baur penahan bearing pada sisi samping dengan kunci L
d.
Melepas satu persatu komponen hingga bearing turbocharger
5.
Pembersihan
dan pengukuran
a.
Membersihkan seluruh komponen turbocharger
b.
Mengukur bearing trurbocharger, trust bearing turbocharger, dan ring
piston turbocharger sesuai manual book.
6.
Pemasangan
a.
Memasang ring piston turbocharger pada as turbo
b. Memasang
main bearing, trust bearing dan komponen lainnya kecasing bearing dan dikunci
dengan bautnya
c.
Memasang cover bearing dan dikunci dengan circlip
d.
Menyatukan as turbo dengan bearing casing, blower compresor, diikat
dengan baut
e.
Memasang kembali turbocharger ke turbin casing
f. Mengencangkan
kembali baut penahan blower compresor dengan kunci momen dan
mengecek arah axsial dan
radial
g.
Memasang kembali casing compresor dan mengencangkan baut-baut
penahannya
h. Mengecek
kembali putaran turbocharger jika dirasa tidak ada ganjalan, maka hasil
pemasangan as
turbocharger baik, jika terasa keras membuka kembali dan mengecek posisi
turbin dengan casingnya
i.
Memasang kembali turbocharger set pada dudukan mesin
j.
Memasang kembali axhaust manipold, intek manipold dan pipa-pipa air
pendingin
turbocharger dan pipa oli
k.
Memasang casing filter udara dan filter udara
7.
Test Mesin
a.
Start mesin hingga running
b.
Mengamati gas buang dan parameter yang ada, jika gas buang yang keluar
tak terlalu hitam
dan putih maka mesin siap dioperasikan.
8.
Pembersihan
seluruh alat, tempat dan mesin.
3.3.2 Peralatan
Kerja yang digunakan pada saat melaksanakan
pemeliharaan dan pengoperasian
pada SPD (Satuan Pembangkit Diesel) :
1.Peralatan Kerja
a.
Tool Set Lengkap berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan
pekerjaan.
2.
Perlengkapan K3
a. Sarung Tangan Isolasi berfungsi
sebagai pelindung tangan saat melakukan pekerjaan.
b. Helm Pengaman standar berfungsi
sebagai pelindung kepala dari sentuhan listrik dan sebagai
pelindung dari kejatuhan dan benturan
benda keras.
c. Sepatu Isolasi berfungsi sebagai
pelindung kaki pasa saat melakukan pekerjaan.
d. Pakaian kerja (wear pack) berfungsi sebagai pelindung anggota badan
e.
Ear plug
berfungsisebagai penutup telinga
f. Kotak P3K lengkap berfungsi sebagai
alat untuk penolongan pertama jika terjadi suatu
kecelakaan dalam pekerjaan.
g. Kacamata Pengaman berfungsi sebagai pelindung mata saat
melakukan pekerjaan.
h. Tanda Peringatan berfungsi untuk
mengamankan lokasi pekerjaan dari masyarakat sekitar agar
tidak mendekat dari lokasi pekerjaan yang
juga dipakai sebagai tanda peringatan dan batas
daerah pekerjaan.
3.
Material
a.
Lap
c. Ember
b.
Sabun
d. Air
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat di ambil dari
pembahasan ini meliputi :
1. Sistem Udara masuk dan Gas
Buang sangat membantu memaksimalkan operasi SPD (Satuan Pembangkit Diesel)
2. Dalam mengoperasikan dan
pemeliharaan system udara masuk dan gas buang, SOP (Standart Operation
Procedure) harus dilaksanakan agar dapat beroperasi dengan baik
4.2 Saran
Untuk mengakhiri penulisan Laporan
Tugas Akhir ini, penulis ingin memberikan saran diantaranya :
1. Dalam pemeliharaan dan pengopersian
mesin selalu dilakukan sesuai SOP (Standart Operation Procedure)
DAFTAR PUSTAKA
DEUTZ Service Information Service, 2004, Technical
Circular Medium and Large Size, PT. MBD, Jakarta.
HACH Company, 2001, Hach DREL/2400 Complete Water Quality
Laboratory & Turbidimeter, HACH Company USA.
Kusnaedi, 2005, Mengolah Air Gambut dan Air Kotor Untuk Air
Minum, Penebar Swadaya, Jakarta.
MWM Diesel, Operasi dan Perawatan Operation and Servicing
D 232-TD 232-TBD 232, MWM Diesel, Mannheim.
PT PLN (Persero) Jasa Diklat Unit Pendidikan & Pelatihan
Suralaya, 2006, Kimia Air, PT. PLN (Persero), Suralaya.
PT. METITO INDONESIA, System Design Data RO,
Banjarmasin.
PUSDIKLAT PERUM PLN, Operasi dan Pemeliharaan PLTD (Dasar),
PERUM PLN, Kebayoran Jakarta.
Rusmanto, 2005, Upaya Meningkatkan Daya Mampu Satuan
Pembangkit Diesel (SPD) Existing PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltim Sektor Mahakam,
PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltim Sektor Mahakam, Mahakam.
Unit Bisma, Buku Petunjuk Pengoperasian Motor Diesel Bisma
Lisensi Deutz, PT. Boma Bisma Indra (Persero), Surabaya.
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 2004, Laporan Studi
Upaya Pengelolaan lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Pada PLTD Buntok,
PT. PLN (Persero) Wilayah Kalsel & Kalteng, Banjarbaru.
Waluyo Daddy, 2005, Proposal Radiator Make Up Water Treatment
Package By Using Reverse Osmosis (RO), PT. METITO INDONESIA, Jakarta.
Di
PLTD Buntok
LAMPIRAN
Lampiran 1 : Laporan Kegiatan Harian Praktek Kerja
Lapangan di PLTD Labuhan Sumbawa
Nama : RIZKAN OKASI
Nim : 13.30.05.0009-02
Prodi : Teknik Mesin
no
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Paraf
|
1
|
Senin 15 Agustus 2016
|
-Membongkar strainer Allen 2 serta
membersihkan komponennya
|
|
2
|
Selasa 16 Agustus 2016
|
-Merakit head untuk Allen
|
|
3
|
kamis 18 Agustus 2016
|
-Membongkar pompa jaket water mesin
Niigata
|
|
4
|
Jum’at 19 Agustus 2016
|
-Angkat head Niigata 1 & 3
|
|
5
|
Sabtu & minggu 20 Agustus 2016
|
-Angkat piston dan liner serta mengadakan
pengecekan
pada bearing
|
|
6
|
Senin 22 Agustus 2016
|
-Memasang kembali piston & liner 1
|
|
7
|
Selasa 23 Agustus 2016
|
-Memasang kembali piston & liner 3
|
|
8
|
Rabu 24 Agustus 2016
|
-Memasang head 1 & 3
|
|
9
|
Kamis 25 Agustus 2016
|
-Angkat head nomor 5 & 7
|
|
10
|
Jum’at 26 Agustus 2016
|
-Angkat piston 5 & 7
|
|
11
|
Senin 29 Agustus 2016
|
-Membuka strainer dan membersihkan
filternya
1
|
|
12
|
Selasa 30 Agustus 2016
|
-House keeping
|
|
13
|
Rabu 31 Agustus 2016
|
-Merakit pompa untuk menguras oli
|
|
14
|
Kamis 1 September 2016
|
-Mengangkat dan memasang injector
|
|
15
|
Jum’at 2 September 2016
|
-Treatment oli trafo mesin Nigata
|
|
16
|
Senin 5
September 2016
|
-Membersihkan strainer BBM mesin Allen
1
-Mengganti filter BBM Allen 1
|
|
17
|
Selasa 6 September 2016
|
-Mengecek valve BBM Allen 1
|
|
18
|
Rabu 7 September 2016
|
-Mengangkat Injektor 3B /oriface plate
Hancur
|
|
19
|
Kamis 8 September 2016
|
-Membersihkan dan mengganti filter BBM
mesin
Allen 2
|
|
20
|
Jum’at 9 September 2016
|
-Mengecek tekanan air radiator rendah dan
naik turun
|
|
21
|
Selasa 13 September 2016
|
-Memperbaiki pompa BBM bocor mesin
Allen 1
& 2
|
|
22
|
Rabu 14 September 2016
|
-Check dan mengankat injektor no 2 & 3
A dan 3
& 5 mesin Allen 2
|
|
23
|
Kamis 15 September 2016
|
-Cleaning dan cat mesin SWD
|
|
24
|
Jum’at 16 September 2016
|
-Meyemprot strainer oli dan mengganti
filter oli
mesin Allen 2
|
|
25
|
Senin 19 September 2016
|
-Mengangkat strainer oli mesin Allen 1
(standby
cadangan buat mesin Allen 2)
|
|
26
|
Selasa 20 September 2016
|
-Menguras oli mesin Allen 1
|
|
27
|
Rabu 21 September 2016
|
-Memasang motor blower kipas mesin
Deutz
|
|
28
|
Kamis 22 September 2016
|
-Mengecek dan setel injector bocor
seluruhnya, volume oli bertambah mesin
Allen 2
|
|
29
|
Jum’at 23 September 2016
|
-Menyetel crack no. 2A temperature
rendah/pompa injektor tidak bekerja
|
|
30
|
Senin 26 September 2016
|
-Mengecek kebocoran injektor no 2/4B
dan
1A mesin Allen 2
|
|
31
|
Selasa 27 September 2016
|
-Menguras oli 2 drum dan diganti dengan
oli bekas
Allen 1
|
|
32
|
Rabu 28 September 2016
|
-Mengecek injektor no.3A dan 2B/ganti
O-ring
putus
|
|
33
|
Kamis 29 September 2016
|
-Mengecek strainer BBM dan periksa
injektor
no. 2/4B dan 6A
|
|
34
|
Jum’at 30 September 2016
|
-Memeriksa kebocoran injector semua
Silinder
|
|
35
|
Senin 3 Oktober 2016
|
-Membersihkan filter strainer BBM mesin
Allen 2
|
|
36
|
Selasa 4 Oktober 2016
|
-Mengangkat injector Allen 2 no.6A
|
|
37
|
Rabu 5 Oktober 2016
|
-Memasang resistor strainer BBM Allen 2
(diambil
dari strainer Allen 1)
|
|
38
|
Kamis 6 Oktober 2016
|
-Mengecek kebocoran injector no.2A dan
3B
|
|
39
|
Jum,at 7 Oktober 2016
|
-Membersihkan area sekitar tempat
Bekerja
|
|
40
|
Senin 10 Oktober 2016
|
-Stel klep mesin Allen 2
In : 0,50
Out :
0,65
|
|
41
|
Selasa 11 Oktober 2016
|
- Melepas injector 1,2,4 A dan 2,3,5,B
mesin
Allen 2
|
|
42
|
Rabu 12 Oktober 2016
|
-Mengecek O-ring injektor 1,2,5,6,7,8 A
dan 2,4,7
B mesin Allen 2
|
|
43
|
Kamis 13 Oktober 2016
|
-Menyemprot kotoran yang ada di radiator
|
|
44
|
Jum’at 14 Oktober 2016
|
-Membersihkan area tempat bekerja
|
|
Mengetahui
Pembimbing
Lapangan
( ABDUL
HAMID )
|
Mengetahui
Dosen
Pembimbing
( NANANG
TAWAF, ST, MT )
NIDN:
0801018002
|
Lampiran 2 : Gambar
kegiatan PKL di PLTD Labuhan
Membersihkan kedudukan silinder liner
Membersihkan strainer bahan bakar Allen 2
Menyetel klep/valve
Membersihkan strainer oli
Membersihkan tempat kerja
Melepas injector
Memasang blower
Membersihkan strainer bahan bakar Allen 1
Mengganti saringan bahan bakar
Pengantian Piston kompresor
Menganti Bearing piston
Pemasangan motor listrik
Pembersihan
head
Pembersihan piston
Tidak ada komentar:
Posting Komentar